Minggu, 03 April 2016

Statistik 1 ( Anova satu Jalan )

Statistika
Anova Satu Jalan
Seorang guru olahraga ingin mengetahui apakah ketiga metode pengajaran yang telah diberikan memiliki dampak yang sama terhadap skill 30 siswanya. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi, dan praktek.
Analisis data sebagai berikut :
1.      Judul               :          Perbedaan skill siswa ditinjau dari variasi metode pengajaran
2.    Variabel          :           1. Skill siswa (y)
                                                2. Metode pengajaran (x)
              Kategori        :           Ceramah (k1), diskusi (k2), dan praktek (k3)
3.      Langkah  Analisis Baku
a.       Tabel  1
Metode
Metode 2
Metode 3
Jumlah
X1
X12
X2
X22
X3
X32
X
X2
-
-
-
-
15
225
15
225
6
36
10
100
10
100
26
236
7
49
9
81
15
225
31
355
10
100
15
225
12
144
37
469
9
81
10
100
20
400
39
581
8
64
7
49
7
49
22
162
12
144
8
64
11
121
31
329
15
225
9
81
10
100
34
406
4
16
10
100
8
64
22
180
3
9
12
144
7
49
22
202
79
724
96
944
115
1477
290
3145

         T1= ∑x12                         T2=∑x22                                   T3=∑x32                G∑∑x2J
                     T12= 158                     T22= 192                                T32= 230              ∑T2J = 580

Hipotesis : Ada perbedaan skill siswa berdasarkan variasi metode pengajaran/ tidak memiliki dampak yang sama trhadap skill siswa.
b.      Menentukan simbol numerik
a.       simbol angka 1 : G2/n
= 2902/30=580/30 = 19,33
b.      Simbol angka  2 : ∑∑x2J= 3148
c.       Simbol angka 3 : ∑r2J/n = 805

C.  Menghitung jumlah kuadrat perlakuan / JK
             JK. Perlakuan = (3-1)
                                    ( 805 – 19,33 ) = 485,67
            JK Kesalahan = (2-3)
                                    (3148 – 805) = 2343
            JK Total                     = (2-1)
                                    ( 3148 – 19,33 ) = 3128,67 
D. Menentukan degree of freedom (df)
            Df perlakuan = (k-1) = 3-1 = 2
            Df kesalahan = (n-k) = 30-3 = 27
E. Menghitung rata-rata kuadrat / Rk
            Rk perlakuan = Jk perlakuan / Rk
                                    785,67 / 2 = 392,835
            Rk kesalahan = Jk kesalahan / df kesalahan
                                    2343 / 27 = 86,77
F. Menghitung besarnya F
            F = Rk  perlakuan / Rk kesalahan
               392,835 / 86,77 = 4,53

Tabel Anova
Sumber
Varian
Sun of
Square
Degree of Freedom
Mean
Square
F. Hitung
Variance
Between
Ssb = 785,67
K – 1 = 2
392,835
F= Msg /Msw
     392,835 / 86,77 = 4,53
Variance
Within
Ssw = 2343
N – k = 27
86,77

Total
Sst = 3128,67
N – 1 = 29




Tabel Nilai-nilai F
-baris bawah = P = 0,01
d.b                                           d.b Pembilang / Numerator
Penyebut / Demerator             1          2          500
            1                                  161      200
            27                                4,21     3,35
                                                4,20     3,34

Kesimpulan H. F hitung = 4,53
                    H f tabel = f0.05 / (k-1) = (n-k) atau f0,05 / 2 : 27 = 3,35


Dengan demikian F > f0,05 / 2 : 27 atau 4,53 > 3,35, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya bahwa ketiga metode secara signifikan tidak memiliki dampak yang sama terhadap skill siswa / ada pengaruh metode terhadap skill siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Pages

Pages

Text Widget

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews