Statistika
Anova
Satu Jalan
Seorang guru olahraga
ingin mengetahui apakah ketiga metode pengajaran yang telah diberikan memiliki
dampak yang sama terhadap skill 30 siswanya. Metode yang digunakan yaitu metode
ceramah, diskusi, dan praktek.
Analisis data sebagai berikut :
1. Judul : Perbedaan skill siswa ditinjau dari variasi metode
pengajaran
2. Variabel :
1. Skill siswa (y)
2.
Metode pengajaran (x)
Kategori : Ceramah (k1), diskusi (k2), dan
praktek (k3)
3. Langkah Analisis Baku
a. Tabel
1
Metode
|
Metode 2
|
Metode 3
|
Jumlah
|
||||
X1
|
X12
|
X2
|
X22
|
X3
|
X32
|
X
|
X2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
225
|
15
|
225
|
6
|
36
|
10
|
100
|
10
|
100
|
26
|
236
|
7
|
49
|
9
|
81
|
15
|
225
|
31
|
355
|
10
|
100
|
15
|
225
|
12
|
144
|
37
|
469
|
9
|
81
|
10
|
100
|
20
|
400
|
39
|
581
|
8
|
64
|
7
|
49
|
7
|
49
|
22
|
162
|
12
|
144
|
8
|
64
|
11
|
121
|
31
|
329
|
15
|
225
|
9
|
81
|
10
|
100
|
34
|
406
|
4
|
16
|
10
|
100
|
8
|
64
|
22
|
180
|
3
|
9
|
12
|
144
|
7
|
49
|
22
|
202
|
79
|
724
|
96
|
944
|
115
|
1477
|
290
|
3145
|
T1= ∑x12 T2=∑x22 T3=∑x32 G∑∑x2J
T12= 158 T22=
192 T32=
230 ∑T2J = 580
Hipotesis
: Ada perbedaan skill siswa berdasarkan variasi metode pengajaran/ tidak
memiliki dampak yang sama trhadap skill siswa.
b. Menentukan
simbol numerik
a. simbol
angka 1 : G2/n
=
2902/30=580/30 = 19,33
b. Simbol
angka 2 : ∑∑x2J= 3148
c. Simbol
angka 3 : ∑r2J/n = 805
C. Menghitung
jumlah kuadrat perlakuan / JK
JK. Perlakuan = (3-1)
(
805 – 19,33 ) = 485,67
JK
Kesalahan = (2-3)
(3148
– 805) = 2343
JK
Total = (2-1)
(
3148 – 19,33 ) = 3128,67
D. Menentukan degree of freedom (df)
Df perlakuan
= (k-1) = 3-1 = 2
Df kesalahan
= (n-k) = 30-3 = 27
E. Menghitung rata-rata kuadrat / Rk
Rk
perlakuan = Jk perlakuan / Rk
785,67
/ 2 = 392,835
Rk
kesalahan = Jk kesalahan / df kesalahan
2343
/ 27 = 86,77
F. Menghitung besarnya F
F =
Rk perlakuan / Rk kesalahan
392,835 / 86,77 = 4,53
Tabel
Anova
Sumber
Varian
|
Sun
of
Square
|
Degree
of Freedom
|
Mean
Square
|
F.
Hitung
|
Variance
Between
|
Ssb
= 785,67
|
K
– 1 = 2
|
392,835
|
F=
Msg /Msw
392,835 / 86,77 = 4,53
|
Variance
Within
|
Ssw
= 2343
|
N
– k = 27
|
86,77
|
|
Total
|
Sst
= 3128,67
|
N
– 1 = 29
|
|
|
Tabel Nilai-nilai F
-baris bawah = P = 0,01
d.b d.b
Pembilang / Numerator
Penyebut / Demerator 1 2 500
1 161 200
27 4,21 3,35
4,20 3,34
Kesimpulan H. F hitung = 4,53
H f tabel = f0.05 / (k-1) =
(n-k) atau f0,05 / 2 : 27 = 3,35
Dengan demikian F > f0,05 / 2 : 27
atau 4,53 > 3,35, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak,
artinya bahwa ketiga metode secara signifikan tidak memiliki dampak yang sama
terhadap skill siswa / ada pengaruh metode terhadap skill siswa.
0 komentar:
Posting Komentar